Rekapitulasi Suara di Sagulung dan Batam Kota Berpotensi Terlambat, Ini Kata KPU

– Penghitungan atau tingkat kecamatan di Sagulung dan Kota, Kota , Kepulauan Riau (Kepri) berpotensi terlambat.

Hal ini dikarenakan Kecamatan Sagulung dan Batam Kota merupakan wilayah yang memiliki jumlah Tempat Pemungutan (TPS) terbanyak.

Kecamatan Sagulung sebanyak 568 TPS, Kecamatan Batam Kota sebanyak 528 TPS. Pleno rekapitulasi pemilu 2024 tingkat kecamatan se-Kota Batam itu sudah dimulai sejak Sabtu, 17 Februari 2024 lalu.

“Saya kira untuk TPS terbanyak yakni Kecamatan Sagulung dan Batam Kota ada potensi keterlambatan. Namun kami yakin dan optimis pleno rekapitulasi tingkat kecamatan ini selesai tepat waktu,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum () Kota Batam, Mawardi, Selasa (27/2/2024).

Sementara itu, untuk mengupayakan pelaksanaan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan tersebut selesai tepat waktu, pihaknya sudah menambahkan panel pleno rekapitulasi suara pemilu 2024 di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sagulung sebanyak dua panel.

“Total ada enam panel yang sedang berjalan dalam proses pleno di PPK Sagulung. Sementara untuk PPK Batam kota juga sudah ada pengajuan penambahan panel, tapi belum terealisasi,” kata Mawardi.

Bagaimana dengan pleno di PPK Lubuk Baja gegara ada delapan TPS yang gelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) pada 24 Februari 2024 lalu? Mawardi menyebut hal rekapitulasi di Lubuk Baja tidak berpotensi terlambat.

“Untuk Kecamatan Lubuk Baja, saya kira tidak ada keterlambatan. Kami telah melakukan koordinasi dengan PPK di sana. Pleno di kecamatan itu dijadwalkan selesai paling lambat tanggal 28 Februari. Kemarin sudah mulai dihitung untuk Kelurahan Batu Selicin, termasuk delapan TPS yang melakukan PSL beberapa hari lalu,” bebernya.

Untuk diketahui, tahapan rekapitulasi suara tingkat kecamatan di Batam dijadwalkan rampung pada tanggal 2 Maret 2023.

Kemudian akan dilakukan pleno sekaligus penyerahan kotak suara dan hasil pleno rekapitulasi pemungutan suara pemilu ke Batam pada 3 Maret 2024.***

Sumber: Tribun

Tags: , , ,